Tekanan

1.TEKANAN

Tekanan adalah hasil bagi antara gaya yang bekerja pada suatu bidang dengan luas permukaan itu.Tekanan pada zat cair yang tidak mengalir disebut tekanan hidrostatis.besarnya tekanan pada zat cair bergantung pada massa jenis dan kedalamannya.

Menurut hokum bejana berhubungan,apabila bejana berhubungan diisi dengan zat cair yang sama dan dalam keadaan seimbang,maka permukaan zat cair dalam bejana itu terletak pada satu bidang datar.bejana berhubungan tidak berlaku untuk zat cair yang tidak sejenis dan pipa kapiler.

Menurut hokum pascal,tekanan yang diberikan dari luar zat cair yang ada didalam ruang tertutup diteruskan oleh zat cair itu kesegala arah dengan sama besar.

Menurut hokum Archimedes,sebuah benda yang tercelup sebagian atau seluruhnya kedalam zat cair akan mengalami gaya keatas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan.ada tiga peristiwa yang berhubungan dengan gaya keatas, yaitu peristiwa tenggelam,melayang,dan terapung.

Menurut hokum Boyle,hasil kali8 dan tekanan volume suatu gas dalam ruang tertutup adalah konstan,selama suhu gas itu tidak berubah.tekanan udara bergantung pada ketinggian suatu tempat.semakin tinggi suatu tempat,semakin kecil tekanan udaranya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: